Facebook Akuisisi WhatsApp

 Facebook membeli layanan pesan mobile WhatsApp sebesar US$ 19 miliar dalam bentuk tunai dan saham. Kesepakatan ini merupakan akuisisi terbesar perusahaan ini dan lebih besar daripada yang pernah dilakukan Google, Microsoft, atau Apple.


Dalam kesepakatan itu, perusahaan jejaring sosial terbesar di dunia ini  akan membayar dengan US$ 12 milyar saham Facebook dan US$ 4 miliar dalam bentuk tunai untuk WhatsApp. Selain itu, pendiri dan karyawan - jumlahnya sekitar 55 orang - akan diberi saham senilai US$ 3 miliar yang akan diberikan bertahap dalam empat tahun hingga kesepakatan ditutup.

Kesepakatan itu diterjemahkan menjadi sekitar 9 persen dari nilai pasar Facebook. Sebagai perbandingan, kesepakatan terbesar Google saat membeli Motorola Mobility mencapai US$ 12,5 miliar, sementara kesepakatan Microsoft yang terbesar adalah Skype, bernilai US$ 8,5 miliar. Apple, sementara itu, tidak pernah melakukan kesepakatan di atas US$ 1 miliar.

Kesepakatan ini membuat analis Gartner, Brian Blau tertegun. "Saya tidak terkejut mereka membeli WhatsApp, tapi jumlahnya sangat mengejutkan," katanya.

Facebook kemungkinan akan memanfaatkan WhatsApp untuk membidik pengguna remaja dan orang dewasa muda yang semakin menggunakan layanan ini untuk terlibat dalam percakapan online di luar Facebook. Perusahaan ini belakangan mencemaskan larinya pengguna muda.


"Ini adalah bertaruh pada masa depan untuk Facebook," kata Blau. "Mereka tahu mereka harus memperluas lini bisnis mereka."

Perusahaan ini sebelumnya telah mengatakan akan mengembangkan strategi "multi-app", yaitu membuat aplikasi sendiri yang ada di luar Facebook dan mendapatkan pengguna yang berbeda.

"Facebook tampaknya berada dalam pengakuan bahwa orang menggunakan banyak aplikasi yang berbeda untuk berkomunikasi," kata analis eMarketer, Debra Aho Williamson. "Dalam rangka untuk terus menjangkau audiens, anak muda khususnya, perlu strategi yang lebih luas ... intinya, tidak menaruh semua telur dalam satu keranjang."

Comments

Popular Posts