Install Office 2007 di Ubuntu

Aslinya, MS-Office dan seluruh program yang jalan di Windows tidak bisa berfungsi di Ubuntu ataupun distro Linux lainnya. Untungnya, pada perkembangannya ada yang mengembangkan Wine, software di Linux untuk menjalankan aplikasi yang jalan di Windows.

Nah, berhubung saya dituntut untuk selalu menggunakan MS-Word dan menghadapi kenyataan kalau versi Word dari Open Office suka ngaco formatnya kalau dibuka di MS-Word, makanya saya terpaksa install MS-Office di Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope ini.


Berikut ini langkah-langkah yang dilakukan untuk instalasi MS-Office 2007 dengan wine, seperti yang ada pada situs ini:

http://ubuntuforums.org/showthread.php?t=1173365

Download wine antara versi 1.1.14 – 1.1.16 di situs ini:

http://wine.budgetdedicated.com/archive/index.html

FYI, versi terbaru adalah 1.1.24, tetapi yang sudah terbukti berjalan dengan baik untuk MS-Office 2007 adalah versi 14 sampai 16.

Setelah download selesai, double klik file yang sudah di download, Ubuntu akan melakukan proses instalasi. Bila muncul tulisan “A later (atau bisa jadi ‘older’) version is available in a software channel”, klik saja OK.

Setelah itu, proses instalasi MS-Office 2007 dimulai. Cari dan double klik file “setup.exe”, selanjutnya proses yang sama akan anda lalui seperti ketika menginstall MS-Office ini di Windows.

Langkah selanjutnya adalah menginstall winetricks. Yang pertama dilakukan adalah mengunduh file winetricks, biar mudah ketik saja di Terminal:

sudo wget www.kegel.com/wine/winetricks

Selanjutnya, ketik:

sudo apt-get install cabextract

dan

sh winetricks corefonts tahoma vcrun2005sp1 wsh56js

Jalankan Wine Config dari menu atau ketik winecfg di terminal

Pada tab “Libraries”, ketik “riched20″ lalu Add. Lakukan hal yang sama untuk “usp10″

Klik “riched20″ dan “usp10″ yang sekarang sudah berpindah posisi ke window “Existing Overrides”, lalu klik Edit, dan ganti nilainya menjadi “Native (Windows)”, klik OK.


Comments

  1. Kumaha kabarna sob?
    Urang geus poho kana Windows jeung bajakan lianna teh, geus betah make Isadora.
    Tah banner aya deui dihareup ayeuna mah, mun kamari di simpen dina artikel link exchange, da mun urang nganjang ka dieu ente mah sok ngaleuleungit wae banner nu urang.
    Ayeunamah urang sami-sami ngajagi wae banner okeh coy..

    ReplyDelete
  2. mantap Bang....
    ane caba.............
    http://www.300ribu.com/?kupon=zai

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts