Obat Antivirus Efektif Melawan Flu Babi Jika Diberikan Lebih Dini

Free Website Hosting
Obat-obatan antivirus yang digunakan untuk melawan flu H1N1 (flu babi) hanya akan efektif jika penyakit tersebut diketahui sejak dini.

Demikian ditegaskan para periset Italia seperti dilansir kantor berita Reuters , Selasa (28/7/2009).

Obat antivirus tidak akan berguna jika pasien flu babi tidak diberikan obat tersebut dalam kurun waktu 24 hingga 48 jam. Demikian disampaikan Stefano Merler dan rekan-rekannya dari Bruno Kessler Foundation di Trento, Italia.

"Studi kami juga menekankan pentingnya deteksi dini kasus (flu babi)," tulis mereka dalam jurnal BioMed Central BMC Penyakit Menular.

Ditegaskan mereka, upaya-upaya harus dilakukan untuk membentuk sistem pengawasan yang mampu mendeteksi dan menangani kasus flu babi secepat mungkin. Sebab keterlambatan lebih dari 24 jam bakal membuat pengobatan antivirus sangat tidak efisien.

Obat-obat antivirus yang digunakan untuk melawan flu babi termasuk zanamivir buatan GlaxoSmithKline di bawah lisensi Biota Inc. yang dijual dengan merek dagang Relenza. Serta oseltamivir buatan Roche AG di bawah lisensi Gilead Sciences dan dijual dengan merek dagang Tamiflu.

Obat-obat tersebut bisa mengurangi risiko kematian di antara orang-orang yang berisiko mengalami komplikasi flu, yakni mereka yang sangat tua, anak-anak, penderita asma dan penyakit kronis lainnya serta wanita hamil.

Comments

Post a Comment

Popular Posts