Membuka Gmail Tanpa Koneksi Internet dengan Offline Gmail

Free Website Hosting
Gmail menambahkan fitur baru yaitu Offline Gmail. Dengan fitur ini pengguna dapat membuka Gmail versi web tanpa adanya koneksi internet. Anda bisa membaca email, star, label, archive dan lain-lain. Selain itu dapat pula menulis email baru. Email akan tersimpan di outbox dan akan terkirim saat Anda mempunyai koneksi internet. Pada dasarnya fitur ini mirip dengan software pop3/imap dimana email didownload terlebih dahulu dan bisa dibaca dilain waktu.

Offline Gmail mempergunakan platform Google Gear. Oleh karena itu untuk mempergunakan, Anda harus mempunyai Google Gear terinstal. Gear akan menyimpan seluruh data Gmail di komputer sehingga dapat diakses dilain waktu, walaupun tidak ada koneksi internet. Selain itu mempercepat loading membuka halaman. WordPress juga mempergunakan layanan Gear dalam fitur Turbonya. Sayangnya Google Gear hanya bisa diterapkan di beberapa browser saja seperti Firefox.

gmail-offline

Cara Mengaktifkan
Offline Gmail tersedia di bagian Setting – Labs dan belum semua pengguna ada fitur ini. Dalam beberapa hari mendatang semua pengguna baru akan mendapatkannya.

* Login ke Gmail dan klik “Setting”
* Klik “Labs” dan pilih “Enable” disamping “Offline Gmail”
* Klik “Save Changes”
* Di kanan atas, disamping nama username Anda akan ada link baru yang bertitel “Offline”
* Klik link tersebut untuk memulai sinkronisasi offline

Setelah selesai maka Anda bisa membuka kembali Gmail tanpa ada koneksi internet. Email yang terbuka adalah email terakhir saat Anda terhubung dengan internet. Di akun saya belum muncul settingan untuk offline Gmail sehingga belum bisa mencoba lebih lanjut.

Update:

Setelah mencoba ternyata fitur ini menyedot banyak data karena akan mendownload seluruh email Anda selama 5 tahun terakhir. Jadi sebaiknya menggunakan internet yang unlimited karena mempergunakan banyak volume data.

Semoga bermanfaat


Free Website Hosting

Comments

Popular Posts