Internetan di openSuse 10 dgn modem SE W660

Free Website Hosting
2the point aj ya...
kondisi komputer dan handphone yang saya gunakan, sbb:
1. Sistem Operasi: Linus distro openSuse 10.3
2. Desktop default: KDE
3. User: root, asyhadi1
4. Handphone:Sony Ericsson tipe W660i
5. Provider: Indosat M3, sisa pulsa 48204,94..hehehe..lengkap banget ya
Baik, kita mulai langkah pertama dengan setting pada handphone.
1. Aktifkan GPRS di handphone, caranya gampang cari aja di postingan saya yang lain.
2. Buat W660i sebagai modem, pada saat terhubung melalui USB. Caranya dengan masuk ke menu->Settings->Connectivity->USB->
USB Internet: Kemudian Aktifkan dengan Turn On, dan ke sub menu USB data accounts pilih profile yg aktif GPRS-nya, saya menggunakan profile 'indosatgprs'.
USB Connection: pilih 'phone mode'.
3. Atur Streaming Settings, dengan cara masuk ke menu->Settings->Connectivity->Streaming Settings dan isi parameter sebagai berikut:
* Connect using: indosatgprs - profile aktif GPRS -
* Use Proxy : Yes
* Proxy Address : 010.019.019.019
* Port number : 8080 atau kalau tidak bisa coba dengan 8000

dengan tiga langkah diatas seharusnya handphone telah siap untuk digunakan sebagai modem. Sekarang baru kita 'colok kan' - halah opo kui... kita sambugkan - dengan kabel usb bawaan dari handphone. Setelah itu kita lakukan setting untuk komputer untuk menerima modem yang ada di handphone.
1. Dari Kmenu->Yast(Administrator Setting), saya login sebagai asyhadi1 so diminta password root.
2. Dari Yast->Network Devices->Modem. Pada openSuse dia akan mendeteksi secara otomatis keberadaan hardware baru yang terhubung dengan komputer. Handphone saya langsung terdeteksi dengan nama 'Sony Ericsson Mobile Sony Ericsson W660'
3. Setelah itu kita edit konfigurasinya,
* Modem Device: Biarkan seperti apa adanya, parameter di komputer saya adalah /dev/ttyACM0
* Dial prefix (if needed): *99***1# -thanks to mb Rin-
* Dial mode dan Special Settings : Biarkan seperti apa adanya.
* Setting untuk provider, klik tab di samping Modem Devices, kemudian isi Provider name indosat, phone number *99***1#, username : indosat, dan password : indosat

Dengan setting-an itu sebenarnya sudah selesai. Sebab sisanya akan di kerjakan oleh openSuse -ihhhh... baik banget ya dia-. Hanya saja pada komputer saya sebelumnya belum terinstall smpppd dan Kinternet, jadi saat setup akhir ini komputer minta di install dua paket tersebut.
Setelah semua selesai, tutup jendela Yast dan juga jendela setting modem-nya dan buka lah browser kesayangan anda. Saya langsung membuka halaman http://www.000webhost.com/169579.html free webhosting keren kesayangan saya.Hasil membuka halaman tersebut membuat pulsa saya menjadi tinggal 26118,62! gag kebayang kalo membuka detik.com or Yahoo.
hehehehe....goodluck,selamat mencoba

Comments

Popular Posts