“Pushmail” pake IMAP server

Push-mail ternyata bukan teknologi milik Blackberry aja. Beberapa teknologi bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan fitur pushmail dan gak perlu beli henpon nya Blackberry *ini yg paling penting*

Salah satunya adalah Active Exchange Server. Kelebihan dari teknologi ini, gak cuman email nya yg bisa pushmail … tp bisa sinkronisasi Contact en Calendar … kepake banget kl sering format ato gonta-ganti henpon or emang mobile.

Masalahnya dg Active Exchange Server, kita musti punya MS Exchange nya Makasih deh …

Setelah mengamati mekanisme Exchange, trus kebeneran di P990i ada tulisan pushmail …. tp baru bisa aktif kl IMAP. Hemmmm… Lucu juga nih… Setelah explore2 … ternyata IMAP Server + IMAP client yang support “IDLE” bisa dimanfaatkan sebagai “pushmail” juga.

Mekanisme nya kurang lebih gini: Client login ke IMAP server, stl login dan cek email dan dia akan maintain koneksi dengan mengirimkan “IDLE” (kayak PING - PONG). Nah begitu ada email masuk, IMAP server memberi notifikasi ke client kl ada email baru. Pas email itu diklik utk diview … maka email baru deh didownload dr server.

Jadi … packet data yg dipake gak bakal gede … paling kl semaleman nyala cuman beberapa kilobyte doank, gak bakal sampe itungan 100kb.

Cara Setting di Handphone:
1. Nokia E61 / Symbian S60 v3 lainnya
- bikin email account seperti biasanya
- pilih IMAP
- setting auto retreival nya jadi 30 menit ( boleh kurang tp gak boleh lebih dr 30 mnt )
kl di setting > 30mnt … maka E61 gak bakal ngirim “IDLE” ke server

2. Sony Ericsson P990i / M600i / UIQ 3 lainnya
- setting email account seperti biasa
- pilih IMAP
- lalu aktifkan PUSHMAIL

Gitu deh caranya …
O ya … aplikasi Messaging nya musti dinyalain dulu dan musti selalu nyala

Comments

Popular Posts