Pengertian Bootloop Dan Cara Mengatasi Bootloop Pada Android

Satria Selaawi © 1976
 
Pada kesempatan saat ini, saya akan share apa itu bootloop dan cara mengatasinya. pengguna android pasti sudah banyak mendengar kata-kata ini, namun sebagian pasti ada yang belum merasakan efeknya. android Bootloop merupakan masalah yang dialami oleh hampir sebagian besar gadget dengan sistem operasi android baik itu smartphone maupun tablet.Bootloop adalah adanya masalah pada sistem android dimana tidak bisa melakukan startup sehingga sebelum masuk ke menu home, akan tetapi otomatis kembali lagi ke state awal seperti ketika kalian menghidupkan smartphone. hal tersebut terjadi terus menerus yang mengakibatkan tidak bisanya menggunakan android kalian. saya menyarankan untuk tetap tenang dan sabar. banyak kasus cara untuk mengatasi bootloop di android yang satu dengan yang lainnya berbeda. penting untuk mengetahui penyebab android bootloop agar dapat mengatasinya dengan benar.
 
Surf Traffic Exchange

Kadang-kadang kita gegabah dan terburu-buru dalam mengambil tindakan pada saat android bermasalah. mungkin karena dalam kondisi panik membuat kita akan langsung mencari cara untuk mengatasi bootloop, dan tanpa berpikir panjang langsung mempraktekkan cara tersebut tanpa memperhatikan penyebab dan jenis android yang digunakan. Belum tentu cara yang dipilih tersebut sesuai dengan type android kita bahkan hal ini akan sangat beresiko memperburuk masalah kerusakan pada android kita.
 
Macam-macam Bootloop pada android:
1. Android Light Bootloop. Ini merupakan bootloop yang paling mudah diatasi penyebabnya. Light loop ini biasanya terjadi karena pada penggunaan ponsel android dalam keadaan pemakaian normal, melakukan install aplikasi, bermain game namun tiba-tiba saja saat restart dan dinyalakan android bootloop hanya berhenti di logo, dan kita yakin tidak meng-operk android apalagi sampai masuk kedalam system merubah file maupun recovery mode pada android.
Cara mengatasinya: biasanya hal ini bisa langsung diatasi dengan mencabut baterai dari smartphone lalu pasang dan aktifkan kembali. Tetapi untuk perangkat seperti tablet agak sulit karena baterai terhubung dengan perangkat dengan cara disolder sehingga harus melepas timah terlebih dahulu.

2. Android Medium Bootloop. Medium bootloop terjadi karena pengguna mencoba mengutak-atik ponsel android miliknya. Medium bootloop masuk kedalam kerusakan tingkat menengah karena android  masih bisa dinyalakan masih bisa masuk kedalam recovery mode.
Cara mengatasinya: Untuk mengatasi bootloop tingkat ini dibutuhkan pc windows dan file recovery image untuk restore boot image baik yang original dan juga CWM. cara tersebut bisa dilakukan apabila sudah pernah melakukan backup sebelumnya, bagi yang belum melakukan backup maka memerlukan file recovery dari pengguna lain dengan type android yang sama.

3. Android Hard Bootloop. Hard bootloop atau lebih tepatnya hardbrick (baca android bricked) adalah tingkatan bootloop yang paling berbahaya karena kita melakukan modifikasi file os android sehingga tidak bisa booting ponsel android kita dan yang muncul hanya logo android. Biasanya terjadi pada pengguna yang sudah melakukkan rooting dan melakukan modifikasi script misalnya mengubah font android, mengubah partisi external/micro sd, menghapus aplikasi bawaan android yang merupakan bagian system dengan aplikasi titanium backup, salah melakukan instal custom rom, dan lain-lain. Untuk masuk ke recovery mode tidak akan bisa pada tingkatan hard bootloop android seperti ini.
Cara mengatasinya: kalian perlu software yang tepat dan cara flashing yang tepat juga karena setiap smartphone memiliki jenis hardware yang berbeda-beda. cara flashing juga bergantung berdasarkan jenis chipset yang digunakan pada Android.

Sekian artikel tentang Pengertian Bootloop Dan Cara Mengatasi Bootloop Pada Android ini, semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian tentang android. terima kasih. 
 

Comments

  1. makasih info nya gan,kunjungi juga blog ane DISINI

    http://masters-gadget.blogspot.co.id/
    http://masters-gadget.blogspot.co.id/
    http://masters-gadget.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts