Mahfud MD: Andai Saya Jadi Sri Mulyani

Mundurnya Sri Mulyani dari posisi menteri keuangan dan beralih menjadi Managing Director Bank Dunia, mendapat tanggapan banyak pihak.

Tak mau ketinggalan, Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD pun memberikan komentar.

"Seumpama menjadi Sri Mulyani, ya kira-kira seperti yang sudah dia lakukan itu [menjadi Managing Director World Bank]," kata Mahfud usai pertemuan dengan beberapa pejabat tinggi di Graha Bimasena, Jakarta Selatan, Kamis 6 Mei 2010.

Mahfud pun menyoroti posisi Sri Mulyani. Dia mengaku berempati kepada Menteri Keuangan itu. "Dia tetap menjadi menteri diusir, dia keluar disalahkan lagi. Dia kan punya hak asasi yang perlu dihargai," kata dia.

"Soal dihargai orang luar dan dikejami [diperlakukan kejam] di dalam negeri ya itu bukan urusan kita."

Menurut Mahfud, masyarakat harus memberikan kesempatan kepada Sri Mulyani untuk mengekspresikan hak asasinya.

Mengenai masalah hukum terkait skandal Bank Century yang sedang dia hadapi, Mahfud mengatakan harus dipisahkan antara aspek hukum dan politik.

"Di manapun dia berada, kalau punya kasus hukum ada prosedur yang bisa menyelesaikan. Prosedur dalam hubungan internasional dalam proses hukum sudah ada, mekanisme internal kita sudah ada," kata dia.

"Kita tidak perlu ribut soal kasus hukum, misalnya dia lari [kasus Bank Century], itu saya kira tidak," kata Mahfud.

Sementara itu, tambah dia, soal gonjang-ganjing politik biarlah masuk ranah DPR dan DPD. "Saya kira itu risiko atas pilihan kita demokrasi," kata Mahfud.

Comments

Popular Posts