25.5.10

Linux Mint 9 Isadora Sexy banget


Hampir seminggu yang lalu, tepatnya pada tanggal 18 Mei 2010, akhirnya tim pengembang Linux Mint mengumumkan rilis terbaru distribusi ini yang sudah mencapai versi 9 yang diberi naman “Isadora”. Pengumuman ini dilakukan melalui sebuah posting di blog Linux Mint yang dituliskan langsung oleh Clement Lefebvre. Linux Mint 9 Isadora ini dikembangkan berdasarkan rilis terbaru Ubuntu 10.04 Lucid Lynx LTS. Oleh karena itu, tidak heran jika berbagai fitur dan perangkat lunak yang tersedia di rilis ini memiliki banyak kesamaan dengan fitur dan perangkat lunak yang ada di Ubuntu 10.04. Tentu saja ada berbagai improvement dan make over di sisi penampilan yang membuat Isadora terlihat lebih cantik dan sexy. Beberapa fitur baru yang mungkin layak menjadi pertimbangan untuk menggunakan Linux Mint 9 Isadora akan saya coba bahas di artikel ini. Keep reading…
Look n Feel

Hijau, begitulah kesan pertama ketika memulai live cd Linux Mint 9 Isadora. Warna hijau memang secara konsisten telah menjadi warna pilihan untuk beberapa rilis Linux Mint. Ketika memulai sesi live cd, proses booting berlangsung cukup cepat dan animasi plymouth tampil cukup smooth.
Isadora

Tampilan desktop Linux Mint 9 Isadora

Desktop Linux Mint 9 tampil cantik dengan desktop Gnome 2.30 yang dipermak menggunakan satu panel di bagian bawah. Panel ini menampung menu dan beberapa ikon seperti update manager, volume, dan network manager.

Menu utama Mint juga tampil beda dengan kebanyakan distro yang menggunakan desktop Gnome. Bagi pengguna yang sudah terbiasa menggunakan OpenSuSE, Vista, atau Win7 mungkin akan lebih familiar dengan menu ini.
Menu utama Isadora

Menu Linux Mint 9 Isadora

Selain tema dan wallpaper default, Linux Mint 9 juga menyediakan beberapa tema dan wallpaper cantik untuk digunakan oleh pengguna.
Tema dan wallpaper

Pilihan wallpaper Linux Mint 9 Isadora
From the Inside

Menilik sedikit lebih dalam, Linux Mint 9 datang dengan kernel 2.6.32 sama dengan versi kernel yang digunakan Ubuntu 10.04. Percepatan booting dan shutdown di Linux Mint 9 juga didapatkan dari Ubuntu 10.04.
Kernel Isadora

Kernel Linux Mint 9 Isadora
Perangkat Lunak

Berbeda dengan Ubuntu 10.04 yang datang dengan Empathy sebagai perangkat lunak untuk berkirim pesan, Linux Mint 9 masih tetap menggunakan Pidgin versi 2.6.6.
Pidgin 2.6.6

Pidgin di Isadora

Di sisi email client, Linux Mint 9 Isadora menggunakan Mozila Thunderbird dibandingkan dengan Evolution yang digunakan Ubuntu 10.04.
Mozilla Thunderbird

Mozilla Thunderbird di Linux Mint 9 Isadora

Nautilus sebagai file manager juga mendapat suntikan fitur di sana-sini, sebagai contoh menu popup klik kanan akan menyediakan menu tambahan “Open in Terminal” dan “Open as Administrator”.
Menu popup Nautilus

Improvement Nautilus di Linux Mint 9

Kemudahan instalasi perangkat lunak di Linux Mint 9 Isadora semakin bertambah dengan adanya Software Manager. Perangkat lunak ini membagi 30.000 paket yang tersedia di repo Isadora ke dalam beberapa kelompok. Tersedia juga preview setiap paket dan review dari pengguna.
Software Manager Isadora

Review perangkat lunak menggunakan Software Manager

Perangkat lunak yang juga cukup menarik dan mungkin akan sangat berguna bagi pengguna adalah Backup Tool, konon katanya perangkat lunak ini digunakan juga untuk mempermudah upgrade Linux Mint.
backup and restore

Perangkat lunak Backup Tool

Selain perangkat-perangkat lunak di atas Linux Mint juga datang dengan

1. AptonCD, sebuah aplikasi untuk mengemas repo menjadi CD
2. Ndiswrapper, memungkinkan penggunaan driver wireless Windows di Linux
3. Gufw, antarmuka grafis untuk mengkonfigurasi firewall
4. mintNanny, membantu orang tua untuk memblokir domain tertentu
5. mint4win, aplikasi mirip wubi yang memungkinkan instalasi Linux Mint di Windows
6. dll

Instalasi

Instalasi Linux Mint 9 Isadora secara garis besar sama dengan Ubuntu 10.04. Selain opsi fresh install, pengguna juga memiliki opsi untuk melakukan upgrade dari Linux Mint 8 menggunakan repositori online atau menggunakan trik backup n restore.

Oke deh, sekian dulu review Linux Mint 9 Isadora dari saya. Kalau ada komentar, pertanyaan, kritik, atau saran jangan sungkan untuk menuliskannya di kotak komentar.

Ditulis Oleh : Satria // Tuesday, May 25, 2010
Kategori:

3 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

LINEX - The Best Free Link Exchange Service
AutoSurf Traffic Exchange: Powerful Results with SEO tips | 10KHits - 10KHits provides quality traffic hits to your personal or business websites.
Satria Selaawi™ © 2014. Powered by Blogger.