Perbedaan Google Page rank dan Alexa Page rank

Free Website Hosting
Kadang kita bingung, apa itu googke page rank dan apa juga alexa page rank. Kedua page rank ini adalah suatu tolak ukur ketenaran suatu blog. Untuk google page rank, semakin tinggi nilai rank ( dari satu hingga 10) semakin bagus dan tenar sebuah blog/web. Sedang untuk alexa rank, ketenaran diitung dengan memperebutkan posisi pertama sebagai puncak tertinggi nilai blog/web ( alexa rank mencapai puluhan juta, tergantung jumlah blog/web yang terdaftar). Kedua page rank ini biasa digunakan untuk tolak ukur para broker dan pemasang iklan guna memasang iklannya di sebuah web/blog juga berapa biaya pasang yang sesuai untuk web/blog tersebut.

Jika ada yang bertanya mana yang lebih baik diantara Google Page Rank (PR) atau Alexa Rank (AR)?
Rekan blogger saya (puthzel) menjawabnya dengan mantab bahwa Alexa Rank lebih baik. kenapa demikian? berikut penjelasan beliau :

1. Cara Mereka Berpikir

Google
Menggunakan suatu rumus algoritma khusus untuk menghitung page ranknya, dan yang paling utama dihitung oleh Google adalah BERAPA BANYAK JUMLAH BACKLINK yang dimiliki situs tersebut, semakin banyak backlinknya maka semakin bagus page ranknya.

Alexa
Menggunakan rumus yang sederhana, yaitu semakin banyak website tersebut dikunjungi (baik menggunakan Alexa Toolbar dsb ataupun tidak) maka peringkatnya semakin bagus.

Jika diperhatikan Google memiliki perhitungan yang KURANG ADIL, karena hanya menghitung backlink, artinya seandainya situs tersebut memiliki pengunjung yang banyak setiap harinya, maka tetap saja page ranknya akan 0 jika tidak ada yang memberikan link kepada website tersebut. Contoh lain apabila ada website yang terdiri dari sedikit halaman dan pengunjungnya sedikit namun backlinknya banyak (baik legal ataupun ilegal) maka website tersebut bisa mendapatkan pr yang tinggi.

Berbeda dengan Alexa, karena logikanya mendukung logika manusia, yaitu situs yang terkenal adalah situs yang dikunjungi banyak orang, dan semakin banyak yang mengunjungi maka ranking website tersebut semakin bagus.

2. Hacking

Google
Keluar masuk forum SEO, begitu banyak cara untuk "menjahili" page rank, yap... dahulu pun (atau mungkin sekarang masih ada) ada yang melakukan manipulasi page rank, salah satu caranya adalah dengan redirect 301, 302 dan script-script lainnya, sehingga situs yang mempunyai page rank 0 bisa melompat hingga page rank 10 dengan memanfaatkan script ini. Dengan adanya hal ini maka banyak situs-situs yang memberikan servicenya untuk memeriksa keaslian suatu page rank, salah satunya beralamat di :

http://www.build-reciprocal-links.com/fake-rank-checker

Silakan gunakan alamat di atas untuk mengecek keaslian page rank suatu situs.

Untuk menaikkan ranking Google juga ada cara cepatnya, yaitu submit ke directories gratis atau berbayar yang ada di dunia ini, untuk daftar directorienya bisa cari di forum-forum khusus maupun Googling

Alexa
Banyak orang yang mengklaim dapat mencurangi Alexa, di antaranya dengan widget, Alexa toolbar, redirect, merefresh halaman dsb, namun secara FAKTA hal ini tidak terbukti benar.
Contoh :
- Dengan menggunakan Alexa toolbar (Internet Explorer) atau Alexa Sparky (Mozilla Firefox) lalu merefresh halaman hingga ratuan kali maka rank alexa akan membaik.
Cara di atas masih sangat meragukan karena pernah ada netter luar negeri melakukan percobaan dengan membuat 1 website dengan sedikit halaman, website tersebut tidak diberitahukan ke public umum alias tidak ada yang datang ke websitenya selain ia sendiri. Lalu ia merefresh halaman website tersebut and tidak lupa juga menggunakan Alexa Toolbar, bahkan karena rankingnya tidak membaik secara drastis ia mengundang beberapa orang untuk merefresh halaman tersebut sebanyak-banyaknya, namun kenyataannya? ranking alexa nyaris tidak membaik seandainya membaik juga tidak banyak.

- Dengan menggunakan redirect Alexa, diklaim dapat meningkatkan ranking Alexa.
Mungkin ini ada benarnya karena dengan melakukan redirect Alexa, maka juga melakukan boot ke Alexa dan mempercepat ranking, namun cara ini masih pro & kontra.

Bagaimana dengan orang-orang yang katanya berhasil dengan cara ini?
Yap mungkin saja Alexa bisa diakali tapi kebanyakan mereka bersifat subjektif terhadap cara ini artinya mereka melakukan percobaan di situsnya yang cukup bahkan sudah ngetop dan dikunjungi oleh banyak orang, sehingga ranking Alexa yang naik drastis diklaim berhasil menjahili Alexa, padahal memang pengunjungnya sudah banyak. Maka itu cobalah gunakan website yang masih baru ketika melakukan percobaan untuk mencurangi Alexa rank.

Lalu kenapa Alexa tampaknya tenang-tenang saja dengan metode ini?
Yap, mungkin saja dengan adanya kontraversi ini maka Alexa semakin ngetop, terutama dari sisi Toolbarnya, bukankah salah satu cara mendongkrak popularitas adalah membuat suatu hal yang bersifat kontraversi...??

Btw ada juga nih salah satu kesaksian dari cara mencurangi ranking Alexa, alamatnya di sini

Kesaksian tersebut menjelaskan bahwa Alexa rank tidak mudah untuk dicurangi...

Nih dengerin juga kata Alexanya sendiri kalau mau rankingnya bagus :
http://www.alexa.com/site/help/traffic_learn_more

3. Kepercayaan Para Vendor

Yang paling mencolok adalah kenapa sih jika ingin mendaftar ke Text Link Ads dsb yang dilihat adalah peringkat Alexa ranknya..??? Kenapa tidak page ranknya Google saja...?? Google khan perusahaan besar dan terkenal... bahkan lebih terkenal dari Alexa??

Yap seperti yang dijelaskan di atas, Alexa mempunyai perhitungan yang lebih syariah.

Fakta...???
Masih berpikir untuk melakukan refresh sebanyak-banyaknya...???

Kesimpulannya adalah :
- Alexa rank menghitung lebih syariah dan Google fokus kepada backlink sehingga para vendor dan webmaster lebih menyukai Alexa.
- Alexa mempunyai ranking yang tidak terlalu lama updatenya dibandingkan Google yang update ± 3 bulan sekali.
- Keuntungan menggunakan Alexa adalah Alexa memberikan data real yang didapat dari jumlah kunjungan yang bersifat unik dan sangat baik untuk memonitor prestasi website dalam jumlah kunjungan.
- Beberapa orang mengatakan bahwa Alexa hanya menghitung kunjungan website yang menggunakan Alexa toolbar dsb, namun beberapa orang meyakini bahwa tidak perlu menggunakan toolbar, Alexa akan tetap menghitung rank website, namun dengan menggunakan toolbar maka perhitungannya lebih maksimal dan lebih cepat.
- Keuntungan menggunakan Google Page Rank adalah saat situs kita sepi maka situs kita masih dihargai oleh Google selama backlinknya masih ada.

Semoga bermanfaat

Comments

  1. JADI KALO ALEXA BAGUSNYA NILAINYA SEMAKIN TINGGI ATAU YANG RANK NYA SEDIKIT YANG DINYATAKAN BAIK

    ReplyDelete
  2. sob..
    Alhamdulillah hari ini saya sudah dapat PR 1..
    itu pun saya baru aktif lagi krna vacum setelah 5 bulan .

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts