Aplikasi yang harus ada di ponsel

Semakin banyak layanan yang diberikan operator seluler, maka semakin banyak pula yang sadar kalo hape nggak hanya bisa dipake buat nelepon dan SMS doang. Misalnya aja, layanan video call (kalo yang ini sih udah pasti). Apalagi waktu jamannya 3G baru masuk di Indonesia. Kayaknya nggak gaul banget kalo belum nyoba yang namanya video calling. Trus ada pula GPRS. Banyak orang yang menyandarkan diri pada layanan ini. Secara yah, hanya dengan memanfaatkan GPRS doang, pelanggan bisa menjelajahi dunia internet. Dari sini, semuanya makin berkembang. Namanya juga internet. Selain buat browsing, GPRS juga memungkinkan pengguna seluler buat menayangkan email serta chatting di mana aja lewat perangkat yang dimiliki.

Nggak cuma yang berhubungan dengan layanan operator, aplikasi yang mendukung hape sebagai perangkat pribadi pun turut diperlukan. Pasalnya, banyak yang menyimpan data-data penting di dalam hape. Misalnya aja password dan PIN ATM. Ada pula yang naro foto-foto (ehem) di dalam memori. Bayangin kalo tuh hape sampe hilang. Selain musti keluar duit buat beli hape lagi, dalam waktu singkat, data-data tersebut (foto khususnya) pasti bakal nyebar di internet (dan bisa diakses pake GPRS). Maka, berikut ini adalah lima aplikasi yang wajib ada di hape kamu.
Web Browser

Web browser adalah aplikasi yang berguna buat menjelajahi dunia maya. Sebenernya, di masing-masing hape yang udah mendukung layanan GPRS bisa dipastikan udah punya web browser. Namun, sebagian besar dari aplikasi bawaan ini biasanya kurang nyaman digunakan. Kemampuannya nggak sehebat aplikasi web browser yang disediakan oleh developer software. Wajar aja sih, soalnya browser tersebut hanya sekedar syarat, yang penting mobilers bisa internetan lewat hape.

Sebaliknya, web browser buatan developer software punya kemampuan yang mumpuni. Doi dibuat untuk menampilkan halaman web di layar hape yang mungil. Ini bukannya nggak penting loh. Sebab, situs web yang beredar di internet itu biasanya didesain untuk tertayang di layar komputer yang gede. Maka, kelebihan seperti yang udah disebutkan tadi juga merupakan salah satu nilai jual pada aplikasi web browser hape buatan developer. Di samping itu, basis penghitungan yang berdasar pada jumlah kilobyte juga bisa ditekan. Cukup setting supaya sang aplikasi mengabaikan gambar. Dengan cara begini, paling-paling satu halaman web hanya menghabiskan 2-4 KB doang. Ada sejumlah aplikasi web browser semacam ini, antara lain Opera mini, MobyExplorer, dan Morange.
Instant Messenger

Bukan anak jaman sekarang kalo nggak kenal dengan Instant Messenger (IM). Aplikasi ini merupakan peranti lunak yang bikin kita bisa chatting dengan pengguna internet di belahan dunia manapun. Banyak hal positif yang bisa didapat setelah membenamkan software IM di hape. Antara lain biaya pulsa yang lebih murah. Karena jauh lebih murah dari SMS, banyak yang memanfaatkan IM sebagai pengganti layanan pesan singkat.

IM hape pun merupakan peranti lunak favorit mas-mas dan mbak-mbak kantoran yang melek internet. Sebab biasanya layanan IM di kantor (semacam Yahoo Messenger) mereka diblok. Jadilah hape digunakan sebagai alternatif supaya bisa terus update kalo tiba-tiba ada temen tongkrongan yang ngajakin ngopi atau karaokean. Dan biasanya hanya dengan satu buah aplikasi, IM hape bisa terhubung dengan sejumlah Instant Messenger sekaligus. Misalnya Yahoo Messenger, MSN Messenger, AOL, dan masih banyak lagi. Aplikasi Instant Messenger untuk hape antara lain adalah Migg33, Mobicue, eBuddy, EQO, dan lain sebagainya.
Aplikasi Pengaman

Mengingat hape merupakan sebuah benda yang super personal, maka nggak sembarang orang boleh mengakses data-data yang ada di dalamnya. Sayangnya, masih banyak orang yang belum sadar akan hal ini. Misalnya aja kalo lagi nongkrong atau ngopi-ngopi, kalo kita pergi ke toilet dan ninggalin tuh hape di atas meja, kadang ada aja yang iseng ngoprek-ngoprek hape. Apalagi seandainya mobilers sedang merahasiakan sesuatu dari teman-teman tongkrongan. Dijamin deh, tuh hape bakal kebuka jeroannya.

Supaya mobilers nggak mengalami hal ini, ada baiknya menggunakan aplikasi pengaman. Aplikasi ini berfungsi buat menjaga berbagai data yang ada di dalam hape. Agar aman tersimpan, sang aplikasi akan memberikan password khusus untuk mengakses sebuah file. Misalnya aja, inbox SMS ataupun folder foto. Kita harus memasukkan password terlebih dahulu buat mengakses file-file tadi. Kalo nggak, jangan harap tuh data bakal terbuka. Ada beberapa merk aplikasi jenis ini. Seperti Security+, Smart Guard, Media Safe 2, dan Best Crypto.
Password Protector

Menjadi hal yang umum kalo satu orang punya lebih dari satu buah kartu kredit. Begitu pula halnya dengan ATM. Dan pastinya, masing-masing kartu tadi punya password yang berbeda-beda. Wajar aja kalo banyak orang yang menyimpan sejumlah nomor PIN di dalam hape. Meski udah dibuat PIN yang paling mudah pun, tetep aja bakal bikin bingung.

Seorang teman pernah punya pengalaman. Istrinya kehilangan hape dan dompet yang berisi kartu ATM. Ketika menghubungi bank untuk memblokir kartu tersebut, pihak bank ngasih kabar bahwa kartu yang hendak diblokir tersebut sedang dipergunakan menarik tabungan di salah satu ATM. Udah barang tentu rekening bisa terkuras, kan nomor PIN-nya ada di dalam hape. Tuh, bahaya kan? Makanya, perlu ada aplikasi yang khusus bertugas buat nyimpen password dan PIN. Yang juga akan meminta kata kunci ketika mobilers hendak masuk ke folder password. Butuh software semacam ini? Gampang. Cari aja yang judulnya SafeStore Midlet Gold Edition, Handy Safe, dan Phone Wallet.
File Explorer

Setiap hape sebenernya wajib punya file explorer. Apalagi kalo mobilers punya perangkat seluler dengan memori yang guede. Jangankan yang 2GB atau 8GB, yang 256 MB aja pasti udah banyak banget file yang bertumpuk di dalamnya. Sebut aja MP3 (ini sih udah pasti), foto, gambar-gambar yang cocok buat dijadiin wallpaper dan screensaver, serta aplikasi pembuat screenshot. Begitu pengen nyari satu file, ribetnya bisa setengah mati. Segala macem file di dalam hape pun ioprek-oprek.

Kalo udah begini, aplikasi file explorer jawabannya. Jangankan untuk fitur pencarian, dengan file explorer, sejumlah data pun bisa dengan mudah dipindahtempatkan. Beruntung bagi yang hapenya udah dilengkapi dengan peranti lunak ini. Kalo yang belum dan punya masalah dengan tata data, mendingan install deh aplikasi ini. Ada banyak kok, mulai dari yang gratisan sampe yang musti beli. Misalnya X-Plore, Y-Browser, MobyExplorer, dan FileExplorer

Comments

Popular Posts